Friday 22 July 2011

Ja atau Raja

Masih tentang pengayaan akan kazhanah pengetahuan ke- batakan, maka kali ini saya mencoba memberikan sedikit ulasan tentang asal-usul nama-nama orang batak. Menurut apa yang pernah saya dengar, bahwa banyak nama-nama orang batak itu selalu di mulai dengan kata Raja. Hal ini tentunya bisa kita pahami, karena sudah menjadi rahasia umum, kalau semua orang batak adalah ‘raja’ yang walaupun tak punya bawahan atau anak buah. Dan tentunya semua perempuan batak adalah boru ni raja.

Sebenarnya masih ada satu lagi sebutan yang kedudukanya dalam tatanan kehidupan orang batak hampir sama dengan raja, yaitu Namora. Bedanya, kata yang satu ini tidak pernah diabadikan menjadi imbuhan nama seseorang. Lebihnya, hanya menunjukka strata sosial secara ekonomi, dan biasanya ditujukan kepada marga pendatang
Sebuah contoh, didalam sebuah perhelatan pesta misalnya, maka semua yang dinamakan ‘raja’ tadi itu tetap ikut bekerja. Namanya saja ‘raja’ tapi dengan embel-embel parhobas, jadilah raja parhobas. Raja ni pamoruon, Raja ni dongan tubu, Raja huta, Raja Parhata dan banyak raja-raja yang tak punya wilayah lainnya tetap harus ikut bekerja. Sungguh berbeda dengan Raja di negeri lain, bukan?
S
ejalan dengan status darah biru ke bangsawanan (sude do berarti bangsawan halak batak ateh)yang mengalir pada tubuh orang batak, maka banyak nama-nama yang di awali dengan kata ‘Raja’. Banyaklah orang batak yang mempunyai nama Raja Ingot, Raja Ihutan, Raja Daud, dan yang lainya. Lambat laun, penggunaan kata ‘raja’ ini secara harafiah di depan nama seseorang menjadi berkurang. Lalu digantikan atau dipendekkan menjadi ‘JA’.

JA inilah yang sekarang banyak dipakai orang yang sebenarnya merupakan singkatan dari kata Raja.
Jamordong artinya raja mordong. Entah dia mordong karena memang hobi atau kebiasaanya, ataukah dia mordong karena pengaruh tuak. Lalu ada Japikkir, alias Rajamarpikkir. Mikir nggak mikir, dia tetap raja marpikkir. Jaullus, atau raja ullus. Menurut saya Ullus artinya berhembus. Jaullus artinya raja yang berhembus. Entah darimana dan hendak kemana nantinya hembusan ini, maka baiknya kita tanya yang punya nama. Jaultop, atau Raja Ultop. Jakurlung, Raja kurlung.

Dan masih banyak kita temui hingga kini, nama-nama orang batak dengan dua huruf pertama ‘JA’. Yang artinya.
Dangi ninna rohamnuna kale-kale??

14 Komentar pada tulisan “Ja atau Raja”
1.
Risma Panjaitan : Friday, May 22, 2009, 12:03
iteng… sombu ni rohamunai.. tok dang adong namangkomentari tulisan on hape tutu hian do nadidok ni panurat on.. Jamordong,jaullus,japikkir,jultop,jakurlung,jabornok,japurlang,jaoccop,jamordit,japurlik,japolgak,jamitong, heheh gabe rarat akke…adongdope hape Japokkik..kwwkwkakakakakk alai akka donganku adongdo goar nabagak kale.. Jamin,Jauhara, jantius, jandixon,jamuara, jasola, jannen, ima jamidun par tarabittang…
[Balas...]

Jaullus (Raja mullus-ullus):
May 26th, 2009 | 17:35
Penambahan kata raja di depan nama e ehk, occe jo bage mara hata inngris au ai dangi nahudok. Bolo adong hata raja mula ni oar di sada halak, namatujuan nadenggan do asa nian di hangoluhon songon raja ni na denggan misalna Japikkir, Jasukku asa bage raja si sukkunon do dohot raja na girgir mar pikkir. alai tujoloanna, bage asal mambaen man songon Jamordong, asa bage raja namordong-ordong. Isema naolo mordong-ordong da, minggot ma dihilala? isema naolo minggot? Jaullus asa bage raja na maullus-ullus, je boha musema halak na mullus-ullus on? da holan na bauan ma donganna di baen on?. Jemambaen awal ni goar “ja” ikkon manat do. Ima ala so di pikkiri na mambaen goar. Tutu do nani dok ni akka dongan, Ja manang Raja , naeng pasangap hon sasa halak manang horong, “raja Par hobas” Raja ni Parboruon, Raja ni dongan sahuta, raja amin asa di aminkan, je molo raja mordong asa mordong sude jolmaon? bursik ma naroa ndada ise olo minggot. Horasss Majuuuu Teruuuuus GBU.
[Balas...]

zul azmi sibuea:
June 8th, 2009 | 09:36
HORAS,
mangalusi ma au muse, mengenai pemakaian kata raja, yang sangat enteng bagi masyarakat batak, sedemikian entengnya sehingga gelaran sebagai identifikasi seseorang juga mengguna-kan raja yang disingkat JA, misalnya JAKURLUNG.
saya menduga, kata RAJA berasal dari kata kuno sanskrit,pali,atau persian yang menjadi induk ratusan bahasa di india dan indonesia. mulanya kata raja mempunyai arti bijaksana, gembira, baik hati, berkebajikan,berbakti dalam kehidupan bersama. pada masyarakat persian sifat ini ditandai dengan dewa “ahura mazda” atau “hura mazda”. dalam pemakaiannya kata raja seringkali dipakai dengan penghilangan huruf “a” yang terakhir hingga menjadi “RAJ”, yang berarti putera. dikalangan pemakai bahasa aslinya seringkali dipakai untuk nama misal nya “rajsanjani” yang berarti putera mahkota dari sanjani.
kembali pada pengertian awal, bahwa RAJ mempunyai arti sama dengan kebijaksanaan — nah ini sangat paralel, atau analog dengan “KIN ATAU KIND” yang berarti kebaikan, kebijaksanaan dalam bahasa inggeris atau “KINDER” yang berarti anak dalam bahasa inggeris, dan selanjutnya berubah menjadi “KING” berarti raja, “KINDOM/KINGDOM” kerajaan dan “KINSHIP” kebijaksanaan.
dari logika pengertian seperti inilah saya berkesimpula bahwa “APA KABAR” yang dalam bahasa cina diungkapkan menjadi “NI HAO” yang arti lurusnya adalah NI=ENGKAU, HAO=BIJAK atau BAIK, dan dalam dialek betawi “Hei, kamu baek”
dan dalam bahasa batak sudah barang tentu “HO RAJ”. dengan demikian asal kata Horas yang kita kenal dan sering gunakan adalah dari “HO RAJ”,berubah menjadi”HORAZ”dan kita mudahkan menyebutkannya dengan HORAS,
botima.
[Balas...]

swandysihotang:
June 8th, 2009 | 10:26
pengertian Raja pada orang Batak sedikit berbeda dengan pengertian Raja yang dimengerti pada umumnya. Raja dalam orang Batak artinya adalah Hasangapon, Hagabeon, Hamoraon. Sedangkan pengertian Raja yang ada pada umumnya adalah, memiliki Hasangapon, Hagabeon, Hamoraon dan juga memiliki anak buah dan macca yang membayar pajak.
songoni do kan?
Horas
[Balas...]

2.
Ricardo ap Marboen/ edo : Friday, May 22, 2009, 14:41
Hahahahaha…….. SAPOT !!!!!
je kani, boha museng ma molo JANGGAPURI ?
Berarti hapengna dah, Raja NGGAPURI nimmuma !?
hahahaha…. mungkin asal ni i ra,sian RAJA SINGAPUR ma ra akke ? heheheehe
Horas jala gabe, Tetap semangat dan GBU, Amen.
[Balas...]

3.
zul azmi sibuea : Monday, May 25, 2009, 7:30
Penggunaan kata raja secara tradisional sejak dahulu pada masayarakat batak, tidak selalu berkaitan dengan “Raja yang mempunyai teritorial kekuasaan, dan perangkat kerajaan yang dikenal pada masyarakat jawa, misalnya Raja Mataram, atau bahkan Raja Monaco”. Penggunaan kata raja hanya menunjukkan penghargaan pada mereka yang secara adat memangku fugsi tertentu dalam hirarki dalihan natolu, misalnya Raja Hula-hula, atau bahkan fungsi dalam penataan sebuah kerja-bersama misalnya Raja parhobas.
Masyarakat batak mengunakan istilah “Raja” dengan pengertian yang lebih luas dari etnik lain, sehingga Isuzu yang dalam iklannya disebutkan “Rajanya Diesel” tidak ada salahnya kita panggil “Jadisel”.
[Balas...]

4.
Risma Panjaitan : Monday, May 25, 2009, 15:34
Hahah Janggapuri,, adong dope hape,,,olodo ra tutu sian Singapuri ai marga Marbun doi ra akke../ Ito Zul Azmi Sibuea.. songonna sphea mullop hamu ito sian dia do hutamuna jala didia hamu tinggal saonari?? alana jarang2 do dapot akka hamu hula2i marga sibuea,, Horas ma Ito,,,,
[Balas...]

5.
Ricardo Marboen/edo : Tuesday, May 26, 2009, 16:13
Idageeee…. hamuna kale-kale,
Adong kodo hapengna nasomanda SIJANGGAPURI, hahahaha….. asa diboto ho he, kale-kale, DATUNG ma marga Marbun kasida.
Tung mansai tabo hian do markombur dohot amanta SIJANGGAPURI i, ittor lupa do tikki NIAHAP molo Markombur dohot ibana.
je ibana,TONDONG/Family nami hian kodo on, ima apala lae ni lae Alm Mangudur Simamora ma (hahadoli ni itoku Ratna Marbun) .
Najolo ninna, markantor di Kantor Gubernur (Tk.I) do imana, alai ala ni jugulna, bage dimutasihon tu Kantor Bupati Taput(Tk.II),di Ktr Bupati pe tong ninna jugul, alani i, dipapindah museng tu Ktr Camat Pakkat (Tk.III), di Kantor Camat pe kani, tong TOK JUGUL hian, alanii bage DIPAUSSAT ma tu Kantor Desa di Tolping (mulak tu hutana), bah, JANGGAPURION HIAN nimmumaaa…… hehehehe…..
Je kani, molo nisukkon ibana (alana tok TAGI mandok JANGGAPURION) aha do arti nii ningon, ITTOR di dokma BAH, IMA NASIB NA UMPAET sian NA UMPAET, artina HALEON POTIR HIAN Nimmuma,.. hahahaha……..
Horas Jala Gabe, Tetap Semangat dan GBU, Amen.
[Balas...]

Jaullus (raja mullus-ullus):
May 27th, 2009 | 10:52
Lae! Ricardo!ndang partolping anggo halak simangudur,manang “tokke mangan” alai parsiniang do halakon. na ro do najolo halak on tu siniang mangihuthon akka dongan tubuna naung par jolo ro tu Sijarango. Boha do kabar ni nantulang (br Marakkir?) sehat do nantulangi jala didia do tinggalna? Naung mulak do hamu sian Kalimantan? Melalui internet on hea do husukkun hamu alai ndang di alusi hamu. ala naung mate huroa namboru dohot amangboru munai. Saiadong ma tikki na denggan lao parjumpaanta akkeh Horaaaasssma majuuuuuu teruuuussss GBU
[Balas...]

6.
Ricardo ap Marboen/ edo : Wednesday, May 27, 2009, 12:44
Mbahhhhh,…. terlalu SI BERES on, NANTIGAN ma hea disukkun hamu ahu ?
Tokka ma i dah lae, datung boi dohonon muna alani naung jumolo i NAMBORU dohot AMANG BORU nami i, PALIAS MA i, Unang ma tabiasahon lae ” PAJOLO GOGO PAPUDI UHUM “, TOKKA DO SONGON i (ittor manguhumi), dungi muse lae, dang hian binoto dah manang ise Si RAJA MULLUS-ULLUS on, hape kani dung ni RIMANG-RIMANGI, baru pe asa DAKOT ahu, mungkin laekku Si BERES, anak ni PASAORASI do ra on, inna rohakku.
Je horas ma tutu lae.
Ianggo posisi ku, nuaeng di Pontianak dope lae, rencana ku sahat tu tgl 03 Juni 2009 on asa mulak tu Jakarta.
Ia Uma/Inang nami (nantulang muna br Simorangkir), di Medan do, dijabu ni laemuna siampudan i (Guntur Marbun), jala na diari Senen i pe mulak (Opname Uma selama +/- 10 Ari di Rs. Elisabeth Medan). Abang Dokter Hardy dohot Ito siangkangan nang siampudan pe mulak do tu Medan, rencanaku bulan juni on ma mulak tu Medan.
Taringot tu amang boru tokke “M”, datung ma na sian Tolping nasida hudok dah, alai Akkang niba SIJANGGAPURI ido na sian Tolping.
Horas Jala Gabe, Tetap Semangat dan GBU, Amen.
[Balas...]

7.
Jaullus (raja mullus-ullus) : Wednesday, May 27, 2009, 14:49
je kani pikkiri hamu majolo sian diamhuboto na diklimantan hamu anggo so sian akka dongan nadi partukkoan on. siani pe ninna rohakku ndang so botoon mu nalulu- lulu au, jala marjanji hian do parhalado ni partukkoan on lao pasahathon tonakku jadi dang namanguhumi au lae. alana tikki i husukkun do dongan parhalado dison ise sasittongna si sicardo on je husippulhan ma anak ni mantari marbun jala toho nina nasida je hubaen mapesan di partukkoan on. ondope hea marbalos, dung marpahoppu iba hehhehhehhaha. horaaaaa majuuuuteruuussss.GBU
[Balas...]

8.
Ricardo ap Marboen/ edo : Wednesday, May 27, 2009, 17:12
Bah ! ai nandigan hamu marpahoppu lae ? berarti muli manang na mangoli hape akka bere i, ndang be nanggo di paboa hamu tu hami akka HULA-HULA ni natua-tua mu ! Terlalu !!!!!!
“husukkun do dongan parhalado dison ise sasittongna si sicardo on je husippulhan ma anak ni mantari marbun” —> ai pardiham do tahe nanidok mi ? manang na so diingot hamu be tahe martutur ????
[Balas...]

9.
Jaullus (raja mullus-ullus) : Thursday, May 28, 2009, 9:20
maaf lae, ai nantoari huhut do au mangisgis jadi nunga botari tanggung hian akkeh! bage parjolo sigisgisonon hu pasae. hape bage lupa mangalusi hamu.
Jadi parmuli ni bere mu si Irma, nijou do hamu angka tulangku alai terbatas do undangan. rodo hamu akka tulangku alai holan sian Sibokkare (7bokka2)do naro. ima nadi tanggal 14 februari 2009. PB 8 do manang sigira-gira. tung songoni pe maila iba di dabu giring-giring di gareja, nihalashon ma ai So Tarjua Ro Berkat, jala laos ondo goar ni pahoppuntai. songonima lae horas ma. Majuuu teruuusss GBU all.
[Balas...]

10.
Lismawati Hansel - Sinaga : Monday, June 8, 2009, 13:48
keterangan ito Zul Azmi masuk akal.
[Balas...]
sumber: www.tanobatak.wordpress.com
foto : siregarbatak.blogspot.com P. SITORUS [Pargonsi sian Parsambilan Kec. Silaen] Angka onma goar-goar ni gonsi naung huparguruhon sian angka dongan pargonsi dohot sian angka natua-tua naumboto ruhut ni gonsi GONDANG NAPITU : 1. Gondang mula-mula 2. Gondang somba-somba 3. Gondang sampur marmeme 4. Gondang didang-didang 5. Sampur marorot 6. Gondang simonang-monang 7. Gondang sitio-tio Gondang napitu on dipangido hasuhuton ditingki mambuat tua ni gondang. Mangihuthon hatorangan ni angka natua-tua ndang apala ... Selengkapnya...

No comments:

Post a Comment