Thursday 20 October 2011

Tapak Sulaiman

Ada catatan atau kisah yang mencatat atau mengenang akan adanya utusan atau kedatangan raja Salomo, kalau kita tanya ke beberapa kelompok spiritual tertentu di tanah air dan India, pakistan, ada itu yang namanya "semacam jaringan tetua yang menuntun para guru di Timur Tengah". terlepas dari benar tidaknya.

Demikian menurut mereka:
Raja daud memiliki hubungan khusus dengan kelompok spiritual yang memakai simbol itu yang jika ditarik memang ada hubungannya dengan India (Kashmir)-karena di sana ada keyakinan tongkat Musa di simpan. Konon di sana lah kuburan Yusuf Asaf (?) yang menurut mereka adalah Isa Sang Masiha. menurut penelitian rata2 penduduk sana ada DNA orang jahudi. Ini kontroversi. tapi Prof Haji. Fida Mohammad Khan Hassain Sufi Mistic Previously Director of Archives.... jadi Raja Daud pernah ke kahsmir beberapa kali, di sanalah Ia mendapatkan Yantra itu. Raja Salomo memang pernah datang ke Dvipantara untuk membuka jalur/sambungan mandala yang ada pusatnya di Jawa tengah dan Barat, sebab beberapa candi tua di Nusantara adalah pemancar signal energi,Raja Salomo belajar spiritualisme Sumatra dan java juga ketika itu. Apa yang dimiliki Raja Daud dan Salomo adalah juga bersumber yang sama dengan yang ada di India - karena turunan ajaran Betara Guru-siva. The Star of David adalah simbol Yin-yang, negatif-positif, maskulin - feminin, Krishna-Kali, Siva-Parwati. Ajaran mistik kabbala itu juga konon adalah ajaran leluhur orang2 Nusantara yang diaspora ke sana waktu air bah.

Butir 1-5 ini adalah pendapat kelompok2 khusus di Nusantara. PERCAYA atau Tidak,pilihan ada di tangan kita.Jadi Nusantara adalah pusat ajaran spiritual juga sama dengan India, China, dan Indonesia.Seperti yang kita ketahui bersama, konon shambala itu dulu ada di India, China dan Nusantara.Urusan impor mengimpor ini antara India dan Nusantara menurut pendapat kami tidak ada.Selalu orang Nusantara ahli membuat sintesa.

Soal Raja Daud, Salomo kenapa ke Khasmir itu soal lain lagi. Sebagian orang Java dan Sunda yang familiar dengan kisah-kisah perang mahabharata akan memiliki pengertian tersendiri siapa manusia pertama di Timur Tengah itu.Kenapa orang Timur Tengah begitu keras, alot, terkesan ambisius konon akibat Asvatama yang dihukum ke negeri Arvasthan.Jadi sejarah manusia itu satu. Kita adalah anak-anak MANU...!!!

Ilmu yantra ini juga menyebar hingga ke Jepang, Tibet, dan China. Biasanya yang dituliskan adalah mantra-mantra atau hanya suku kata utama mantra yang biasanya disebut bhija aksara. Contoh-contoh bhija aksara ini adalah Om, Am, Vam, dan lain-lain. Biasanya dianggap mewakili kekuatan dewata tertentu. Hal ini juga berlaku di Bali. Saya ada buku kumpulan yantra Bali dan Tibet. Di dalamnya banyak ditampilkan rerajahan seperti itu. Hal ini memang kajian menarik.
Mengenai Loshu, itu sebenarnya adalah semacam numerologi yang melambangkan alam semesta. Maknanya sangat dalam dan penerapannya biasanya dalam dunia metafisika, seperti Yijing, Fengshui, dan metoda divinasi lainnya. Menurut legenda memang kotak Loshu itu ditemukan di punggung kura-kura.
Saya pernah membaca banyak buku, bahwa memang agama asli di Tanah Batak ada pengaruh Hindu. Salah satu pengaruhnya adalah dalam nama2 zodiak yang mencerminkan pengaruh India. Sebutan bagi Tuhan dalam bahasa Batak adalah dibata yang jelas berasal dari kata devata. Oleh karena itu, memang tidak mengherankan bila kita akan menjumpai rerajahan seperti itu pula.

Kepercayaan di Simalungun Sejak Dulu sudah ada:
Contoh dari tulisan Limbaga Simalungun yang ditulis Alm.Taralamsyah Saragih al;

"Silima Sarokkap" ini berasal dari kepercayaan jaman lampau, dan falasafah ini banyak diterapkan dalam hidup beragama dan sosial Simalungun massa lampau, diantaranya:

11. Sisombahon adalah 5
Opung Haibata Simagod Sinumbah Tondong Namatoras atau Raja

22. Kelompok tutur adalah
Suhut; Sanina Tondong Anakboru Mintori

33. Bagian ruangan dalam rumah adalah
Luluan Tongatonga . Tataring Dipardipar Talaga
44. Gendang dasar Parahot adalah
Parahot Habian Parahot Gunung Parahot sidua Jangat Parahot Ujian .Pandei Parahot Matua
55. Jenis rumah Simalungun adalah
Sopou Bakkiring Balei Rumah Kassang umah Bolon Dan lain sebagainya.
Kedudukan Silima Sarokkap (Lima menjadi satu). ini demikian tinggi maknanya dalam masyarakat Simalungun jaman dulu, sehingga untuk melestarikan gambaran dari Silima Sarokap ini diukur dengan sebutan "Tapak Raja Suleman" dengan mernbubuhkan sebuah silang ditengahnya, dan dukirkan pada irus nasi, tempat minuman dll, yang dianggap dapat menolak sakit perut (sorlupon).

Ini baru spiritualitas, menurut saya.Ritual adalah pengantar kita untuk menyadari roh yang melingkupi semesta itu juga ada dalam diri kita, Roh itu merasuki kita, bagaian dari kita, inti diri kita. Itulah AKU.
Sehingga tak jarang oppung-oppung kita itu mudah sekali menggunakan elemen2 alam untuk mencipta sesuatu, peka terhadap kejadian alam.Akibat perjalanan waktu - penurunan kesdaran kolektif, maka halak simalungun melupakan kearifan lokal ini. maka tak jarang disalah artikan. menggunakan "roh" yang gentayangan itu, untuk dijadikan budak (begu ganjang) bukanlah spiritualitas. ini tindakan kekerasan terhadap "roh" itu karena menghambat evolusinya. yang menguasai nya akan menerima karma.
Memberi sesajen ke pohon besar, sumber mata air, hutan, lembah, gunung adalah lebih kepada penghormatan ROH yang maha memberi lewat tetumbuhan, tanaman, sehingga manusia bisa makan dan minum. tanah, air, udara, api, ruang adalah wujud nyata dari DEBATA. wujud nyata Naibata. Ia Hyang Tunggal.

Aum sarve bhavantu sukhinah
sarve santu niramaya
sarve bhadrani pasyantu
Ma kaschid dukha bhaga bhavet

artinya:

Semoga semua selalu berbahagia
semoga sealu dalam keadaan sehat
semoga semua sejahtra
semoga tidak seorangpun yang menderita

Demikian tonggo-tonggo kala itu
di tepi bukit singgalang...

Kalyanam Astu
(Semoga Anda selalu sejahtera)

Sumber
Edy Taralamsyah Saragih
Neo Simalungun Jaya
Ivan Tani Putra

No comments:

Post a Comment