Thursday 20 October 2011

Kamus Simalangun Pertama

Inilah kamus Simalungun pertama yang pernah diterbitkan karya putera asli Simalungun Pdt. J. Wismar Saragih. Dalam kata pengantarnya pendeta pertama orang Simalungun ini menulis bahwa daftar kata yang terdapat dalam kamus ini adalah dokumentasinya sendiri …selama pekerjaannya sebagai pejabat pemerintah (pangulubalei) di kerajaan-kerajaan Simalungun.


Dalam kata pengantarnya, beliau juga meminta kepada tokoh-tokoh Simalungun untuk mengirimkan daftar kata-kata yang belum terdokumentasi dalam kamus ini untuk dapat dilengkapi, tetapi sayangnya tak satupun mengirimkannya ke Comite Na Ra Marpodah Simalungun di Pamatang Raya. Uniknya kamus ini diterbitkan dengan bantuan dari pemerintah Belanda melalui cukai karent (rubbergelden).

Untuk urusan budaya Simalungun, kita generasi muda Simalungun sekarang pantas berterimakasih kepada Kerajaan Belanda yang mengambil perhatian dan dukungan yang sangat bersar dalam kelestarian adat budaya, sistim politik dan sejarah serta seni Simalungun. Pada tahun 1935 Belanda khusus mendatangkan ahli bahasa internasional Dr P Voorhoeve menjadi pejabat bahasa (taal ambtenaar) di Simalungun.
Oleh Pdt : Juandaha Raya Purba

No comments:

Post a Comment